Wednesday, October 10, 2018

Kemenkes meluncurkan Sehatpedia sebagai Kemudahan Akses Pelayanan Kesehatan


Kemajuan di era digital memudahkan semua golongan dalam menyebarluaskan dan menyampaikan segala bentuk informasi secara cepat dan efisien dalam rangka meningkatkan akses pelayanan kesehatan masa kini. Semua aspek harus segera dapat menggunakan layanan ini agar era globalisasi modern dapat dirasakan sampai ke pelosok negeri. Akses layanan internet yang tanpa batas hingga dapat menembus sampai luasnya kepulauan bangsa ini. Hal ini juga telah banyak dilakukan oleh Kemenkes dalam meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan era digital yang ada saat ini. Kemudahan layanan dan akses sebagai wujud peran serta Kemenkes dalam era digital 4.0 yang telah di gembar-gemborkan untuk menyukseskan kemajuan era masa kini.

Berikut ini adalah berita yang dikutip dari laman ditjen yankes (www.yankes.kemkes.go.id)

Aplikasi Sehatpedia merupakan suatu aplikasi kesehatan yang akan dilaunching oleh Ditjen Yankes untuk mengakomodir dan memfasilitasi masyarakat untuk mendapatkan informasi kesehatan yang akurat, kredibel dan terpercaya. Berbeda dengan aplikasi-aplikasi kesehatan yang telah ada, aplikasi Sehatpedia lebih banyak didukung oleh dokter-dokter spesialis yang berasal dari 33 rumah sakit yang menjadi UPT Ditjen Yankes yang mampu memberikan konsultasi spesialistik kepada masyarakat.

Sehatpedia merupakan wujud inovasi kesehatan yang dilatarbelakangi oleh perkembangan era digital. Dalam aplikasi ini, tersedia berbagai fitur yang memberikan informasi-informasi seputar kesehatan meliputi fitur konsultasi interaktif (Live Chat), artikel kesehatan, Fasilitas Yankes, Link pendaftaran Rawat Jalan, dan E- Policy. Dalam fitur Live chat, masyarakat dapat berkonsultasi kepada dokter-dokter yang mereka pilih terkait kebutuhan informasi kesehatan seperti keluhan penyakit, tips kesehatan, dan konsultasi medis lainnya.
Selanjutnya demi keberhasilan dan keberlangsungan dari aplikasi ini diharapkan kerja sama dan komitmen dari seluruh jajaran direksi, dokter, humas dan civitas hospitalia untuk dapat turut mempromososikan dan menggunakan aplikasi ini dengan baik sehingga dapat menambah kemudahan akses kesehatan bagi masyarakat.
*Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon: 021-5277734 atau alamat e-mail:humas.yankes@gmail.com

Diharapkan dari pengembangan teknologi ini dapat berdampak besar bagi pengembangan layanan kesehatan di Indonesia, sehingga berita dapat disampaikan secara cepat dan merata dalam pembangunan kualitas manusia Indonesia yang sehat dalam mewujudkan SDM Indonesia yang terkualitas.

No comments:

Post a Comment