Thursday, October 11, 2018

Download Mendeley : Citasi lebih cepat dan tepat


Mendeley adalah software manajemen referensi dan jaringan sosial akademis yang bisa membantu Anda mengorganisir penelitian, berkolaborasi dengan peneliti lain secara online dan menemukan publikasi penelitian terakhir. Sebagai database referensi, file referensi seperti buku atau artikel dari jurnal dalam bentuk PDF bisa disimpan dan diberi keterangan yang tepat untuk membantu mempermudah pencarian. File-file PDF yang disimpan juga bisa dibuka, dibaca, dan diberi catatancatatan dengan sticky notes atau highlight. Tulisan yang dibuat dengan Microsoft Word, OpenOffice atau LaTex bisa dihubungkan dengan software Mendeley sehingga sitasi dan daftar referensi (bibliography) bisa disusun secara otomatis. Mendeley juga bisa dihubungkan dengan software manajemen referensi lainnya seperti EndNote, Papers dan Zotero (Trisari Lestari) 

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan oleh sebuah upaya untuk mengintegrasi atau menggabungkan “citation & reference manager” dalam sebuah jejaring sosial. Dengan jejaring semacam ini ,peneliti di mana pun dapat berkolaborasi dan melakukan sharing data penelitiannya. Perangkat lunak Mendeley saat ini tersedia dalam 2 versi, Desktop Edition dan Institutional Edition. Mendeley Desktop Edition adalah perangkat lunak “citation & reference manager” yang bisa didapat gratis dan sangat kompatibel dengan program pengolah kata seperti MS Word (2003,2007,2010,2013), Mac Word (2008, 2011,2013), Open Office/Libre Office (3.2), dan Bib Tex.

Berikut fitur utama dari Mendeley Desktop(Mendeley support team, n.d.):

1. Ekstraksi detil dokumen (judul, penulis, nama jurnal, dll.) dari paper ke dalam database referensi. Fungsi ini sangat memudahkan user dalam memasukkan detil dokumen karena hal tersebut dapat dilakukan tanpa melakukan entri secara manual. Semakin banyak pengguna menggunakan Mendeley, maka kualitas ekstraksi yang diperoleh akan semakin baik.
2.Pengelolaan referensi yang efisien dengan menyediakan “live” full-text search terhadap seluruh paper dalam database. Proses pencarian yang sangat efisien sehingga hasil pencarian tersedia sesaat setelah pengguna selesai memasukkan kata kunci. Mendeley desktop juga menyediakan fungsi untuk melakukan filter database berdasarkan penulis, jurnal, maupun kata kunci. Koleksi dokumen dapat juga diberi catatan berupa notes atau tag untuk memudahkan pengorganisasian berdasarkan domain pengetahuan. Informasi detil dari dokumen juga dapat diekspor ke berbagai citation styles.
3. Berbagi pakai sebagian atau semua dokumen pada database dengan pengguna lain serta sinkronisasi pustaka referensi dengan data yang tersimpan di server web Mendeley. Kemampuan ini akan sangat berguna dalam sebuah riset maupun penulisan karya ilmiah yang dilakukan oleh sebuah tim, pustaka referensi dari seorang anggota tim akan selalu sinkron dengan anggota-anggota tim lainnya


Download mendeley for dekstop :

for Mac

No comments:

Post a Comment