Friday, September 29, 2017

Hujan Yang Berbeda Dengan Harapan Yang Sama


Sore yang terang seakan berubah menjadi kaku dan dingin  hingga turunya tetesan air hingga membasahi bumi. Burung yang terbang hinggap kesana kemari, menyelamatkan tempat tinggal mereka dari basahnya air yang menggenangi tempat tinggalnya. 

Hujan yang sama dihari yang berbeda,  masih dengan harapan yang sama? Sunguh suatu kerelaan atau sebuah kepasraan dari sebuah harapan yang tak kunjung datang. Wahai hati yang senantiasa selalu membuat rasa ketika menjalani harinya, apakah perasaan yang tetap sama akankah berakhir bahagia ataukah biasa saja. Selalu mensyukuri atas apa saja nikmat yang telah ditunkan, dilapangkan, dan dipermudahkan atas semua yang telah diberikan Sang Pencipta kepada seluruh umat manusia-Nya. Jika saja hati yang tak bisa menahan rasa seperti tetesan hujan yang makin lama makin deras sehingga membuat tanda lobang di tanah. Lalu lobang itu di isinya dengan air lalu hilang karena mengering setelahnya. 

Ayunan daun-daun dari pepohonan yang seakan menandakan isyarat jika ia merasa bahagia atas limpahan dari hempasan air yang turun, hingga membasahi akar-akarnya untuk kelangsungan hidup mereka. Sungguh luar biasa nikmat tiada duanya atas anugerah terindah ini. 

Pengharapan yang sama akan sebuah harapan dibalik rintihan hujan di hari yang berbeda. Jikalau nanti, ada kesempatan yang datang. Dan memang benar-benar ada hasil dan berbuah indah setelah sebuah pengharapan menjadi sebuah pencapaian terbesar dalam hidupnya. Hujan yang seakan menandakan bahwa dirinya tak bisa ditebak, menurunkan airnya tanpa diduga-duga lewat sebuah tanda awan gelap yang menyelimutinya. Sungguh keberkahan yang tak bisa diduga-duga sebuah tetesan air yang muncul dibalik awan yang hitam itu.

Jika ada suatu hal yang patut dan harus diperjuangkan serta kamu yakini ia benar maka gapailah hal tersebut dengan suatu keyakinan besar dalam hati mu. Akan ada harapan lain dibalik itu, akan ada do'a-do'a besar dibalik itu, dan akan ada kebahagian setelahnya.

Namun kadang, hujan yang turun ini tidak selalu setiap saat. Ada kalanya ia tak keluar, ada kalanya ia malu untuk turun, ada kalanya air tak cukup untuk membasahi semua ataupun sebagian dari tanah ini. Apakah saat itu masih ada harapan sama? Ya, ada kalanya harapan panjang terus menunggu hingga hujan selanjutnya turun kembali.

Di balik turunnya sebuah hujan, ada sebuah keberkahan yang luar biasa. 
Jika hari gelap belum tentu akan hujan.
 Jika sudah Hujan Percayalah Pasti Akan Ada Pelangi Setelahnya. 

(Kecuali Hujannya dimalam hari :v)



Padang 29 September 2017
M. Agung Akbar, A.Md.Kep

1 comment: